Minggu, 11 November 2012

SANYO SLIM ! MENGATASI KEGAGALAN FUNGSI EW

Aku memang belajar servis secara
otodidak, jadi sangat sering mengalami
kebuntuan dkarenakan materi yang aku
dapat belum memadahi.
Pengalaman yang aku ceritakan ini
mungkin juga bisa menjadi solusi alternatif untuk yang kesulitan mencari
penyelesaian.
Waktu itu aku menerima servisan tv
sanyo slim dengan IC LA76938DE,
Kerusakannya standby, setelah ganti
memori tv tsb langsung mak byak!
Tapi .... .. Gambar melengkung seperti
pinggang. "Wadowh! Masalah Ew
rupanya," pikirku. Benar memang FET EW soak, tapi setelah
dganti ternyata sama saja. Penelusuran
aku lakukan djalur EW dan ak dapati L
putus. Tapi ... Ternyata gambar tidak
juga bisa normal. Hampir kehabisan
akal! Aku reboisasi jalur horizontal, menganti condensator, dioda, L, dan FET
EW, Hampir semua komponen horizontal
baru, tapi .... Gambar masih melengkung.
Jangan tanya soal menu servis! Karena
parameter telah diacak2 semua tidak
berfungsi sama sekali. Mungkin Kang Aisi bisa dengan mudah
mengatasi kesulitan semacam itu, tapi
buatku yang nota bene belum begitu
tahu jalur terasa sangat mengerikan!
Ups! Gak kayak pocong juga kaleee!
Ditengah kegalauan hatiku saat itu pusing memikirkan solusi yang tepat
untuk mengatasi masalah EW ini.
"WHATTT ...!" Sesaat aku diam karena
sedang kukur-kukur, hehehe!
Aku dapat Ide! Kenapa gak aku ganti EW
nya dengan EW manual? Mulai wewujudkan ide!
Pertama aku memotong rangkaian EW
dari mesin cina bekas, lalu satu persatu
aku pasang tegangan +, gnd, input yang
diambil dari kaki elco output vertikal
bagian -, dan output yang aku pasang ke L EW.
setelah semua terpasang maka aku
mulai lakukan pengujian ..
Wooowwww! Gambar langsung bisa
menjadi bulat seperti telor!
Berarti Ew manual berfungsi sempurna, dan tinggal mengetrim trimpot 103 dan
105 maka gambar bisa lurus sempurna
Hik! Saatnya untuk bilang Sempurna!!
Mudah2an bisa bermanfaat!
Salam mwanis bwt kang Aisi! Meski
mungkin belum saling kenal, tapi artikelnya banyak membantu kinerjaku.

7 komentar:

  1. Walaupun agak telat nggak apa-apa ya ,"Salam kenal kembali" manis sekali!

    BalasHapus
  2. sama kang,, gambar lengkung n lom ketemu

    BalasHapus
  3. Emang bisa ya suhu... Aku juga punya tv sanyo slim kayak begitu, ada nggak rangkaian EW nya suhu.. Bisa diorder nggak lagi butuh ni..

    BalasHapus
  4. Emang bisa ya suhu... Aku juga punya tv sanyo slim kayak begitu, ada nggak rangkaian EW nya suhu.. Bisa diorder nggak lagi butuh ni..

    BalasHapus
  5. Knp ya ko bisa melengkung begitu?

    BalasHapus
  6. Maaf bosku gimana cara mengganti ya aku jg punya tv Sanyo slim jg kayak gtu bisa kirim video apa gambar sekemanya

    BalasHapus

Komentar yg bagus bakalan Gue kasih bonus.... hik!