Kamis, 15 November 2012

DARURAT (solusi dalam keadaan darurat)

Pernah mengalami keadaan darurat saat
servis ? Saya yakin pasti semua pernah
mengalami, baik karena komponen tipe
tertentu yang sulit didapatkan, atau
mungkin karena waktu yang begitu
mendesak hingga terpaksa menempuh jalur alternatif.
Beberapa pengalaman yang pernah saya
alami sebagai berikut

1- Kehabisan resistor 0,5 ohm 1 watt.
Dengan penghitungan dasar resistor yang
di paralel akan mengecil nilai
pelawannya dan akan membesar nilai
wattnya, maka saya menggantinya dgn
resistor 1 ohm 0,5 watt yang diparalel, hasilnya OK

. 2- Kehabisan Transistor A1015. Waktu itu
keadaan udah malem sementara Tv udah
tanggung dbongkar, Akhirnya dengan
memastikan TR tsb jenis NPN maka aku
menggantinya dengan A733, hasilnya OK

3- Condensator 173 1600v. Karena waktu
itu servis panggilan jadi kebetulan aku
gak bawa Condensator nilai 173 yang
memang agak jarang dipake, Ahirnya
dengan mengetahui penghitungan dasar
condensator yang diparalel akan meningkat nilainya dan voltasenya tetap,
maka aku menggantinya dengan 912
dua. Agak kebesaran dikit memang, tapi
bisa diatur dengan sermod.

4- Gak ada trafo yoke . Lagi-lagi servis
panggilan untuk membetulkan TV VOTRE
17, Tv ini menggunakan CRT monitor, dan
biasanya menggunakan trafo yoke untuk
menyesuaikan kelebaran gambar, tapi
sayang trafonya terbakar dan aku tidak membawa gantinya, lalu aku berinisiatif
menggunakan gulungan EW yang aku
seri dengan kabel merah yoke, hasilnya
OK

5- Kehabisan TR HORIZONTAL. aku sering menggunakan TR regulator jika
memang mepet, sejauh ini aman. Tapi ada beberapa merek tv yang memang
harus memakai TR HORIZONTAL, diantaranya generasi tv cina BOMBA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yg bagus bakalan Gue kasih bonus.... hik!