Senin, 07 Mei 2012

MENU SERVIS SONY TRINITRON

Pernah suatu ketika menerima servisan TV sony trinitron 21 layar
datar dengan kondisi warnanya dominan merah.
''Wah! ni tabungnya KO buk!'' kataku waktu itu, dan memang setelah tes
ternyata memang tabungnya manfus.
TV tsb akhirnya aku beli 80 ribu, dengan harapan suatu saat dapet
tabung sony bisa dipake.
Dan ternyata memang benar! dari seorang temen aku dapet tabung sony,
hanya saja ini 25 inch layar semi.
''oke! ini tantangan!'' gumamku mencoba membangkitkan semangat.
Ukuran mesin kebetulan sama hanya tinggal menyesuaikan panel depan
dan terminal video belakang. Ternyata tidak hanya itu! setelah tv
dinyalakan hanya mampu membuka sepertiga gambar, aku coc menambahkan
C912 1600V pada kaki kolektor horisontal yang disitu sudah ada C682
1600V. Setelah mendoble condensator tsb gambar sudah lumayan lebar.
''Tinggal masuk menu servis nih!'' dah mirip nenek gw dah! suka
ngomong sendiri! hahahaha ...!

Kembali ke pokok permasalahan!

Cara masuk menu servisnya begini!

Matikan TV dengan remot, tunggu sekitar sepuluh detik!
lalu tekan tombol Disply/osd , tekan lagi angka 5, lalu tekan Volume
ples, kemudian tekan Power on diremot.

Setelah data servis terbuka gunakan angka 1 dan 4 untuk memilih menu,
lalu gunakan angka 3 dan 6 untuk mengubah parameter.
Setelah selesai setting justru aku dibikin repot dengan cara
menyimpannya, karena dalam petunjuk yang aku dapet disitu dijelaskan
cara menyimpan data servisnya dengan menekan 'mute' lalu 'enter'. Tapi
.... berkali-kali aku coba, settingan baru tetep gak mau tersimpan.

Saking kepuyengan akhirnya aku mencoba mengacak dengan menekan 'mute'
lalu 'enter' berpindah 'mute' lalu angka 8, berpindah lagi 'mute' lalu
disply. hingga kemudian aku dapatkan kombinasi yang akurat yaitu tekan
'mute' diiringi anka 0.
Terlihat jelas dilayar ketika ditekan 'mute' tulisan service berubah
menjadi 'write' dan begitu ditekan angka '0' tulisan 'write' yang
tadinya berwarna hijau berubah jadi merah.

Good jobbb...! tugaspun selesai dengan hasil memuaskan.

Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat! amien!


--
Keep U'r smile!

18 komentar:

  1. makasih gan....dari kemaren ane muter-muter dimbah google eh akhirnya nemu disini...makasih gan sukses selalu...

    BalasHapus
  2. hehehe yup! Sama-sama ... Suxes juga bwt sampean! Amien!

    BalasHapus
  3. tv sony saya warna hijau ada sekrin ngk kluar gambar,suara normal apa yg perlu repair gan,,minta penjelasannya,,

    BalasHapus
  4. Mf kalo telat bls, sepertinya kerusakan ada di bagian RGB. Coba telusuri pin kaki RGB

    BalasHapus
  5. gan tv sony ane warnanya dominan kemerahan kenapa ya ?

    BalasHapus
  6. Gan tv gue sony trinitron cenel ny hilang smua jdi gak isa d tonton smentara vidio ny bsa..
    Bagaimana cara ny nyeting ulang agar cenel ny kembali normal.. mksh...

    BalasHapus
  7. Gan tv gue sony trinitron cenel ny hilang smua jdi gak isa d tonton smentara vidio ny bsa..
    Bagaimana cara ny nyeting ulang agar cenel ny kembali normal.. mksh...

    BalasHapus
  8. Permisi mas Aldo ikutan ngutil pencerahannya.. bgn mas tipi sony trinitron 29" ane utk keluaran suara normal tp gambarnya kok redup dan cenderung keijoan ya kira kira apanya yg mesti perlu di ganti mas..trimks tak tunggu responnya

    BalasHapus
  9. Makasih ni mo di coba.mudah mudahan berhasil..

    BalasHapus
  10. Terimakasih gan.sukses selalu buat agan.

    BalasHapus
  11. semoga allah balas kebaikanmu karena telah bagi ilmu yang bermanfaat

    BalasHapus
  12. Gan gimana caranya masuk ke menu srvies...sya dah coba brapa kali conto gagal mulu

    BalasHapus
  13. Gan gimana caranya masuk ke menu srvis ...saya dah coba severti vanduan ko gagal mulu

    BalasHapus
  14. Tengkyiu banyak gan .sukses trus

    BalasHapus

Komentar yg bagus bakalan Gue kasih bonus.... hik!