Selasa, 08 Mei 2012

SERVIS TV SHARP ALEXANDER

Wadooowh!!! nih tv bekas diobrak-abrik orang ni!
sempat pesimis waktu melihat kondisi mesin yang sudah tidak karuan,
beberapa komponen entah asli apa bukan ditempel dibagian bawah PCB.
Well!! apa boleh buat obeng udah ditangan dan solder udah dicolok,
gak akan mundur sebelum bertempur!
Setelah aku tes jalur regulator dan memastikan gak ada yang shot,
akhirnya aku tekan swit power.
Klik!!
Cuma nyala lampu merah, alias standby atau Protec.

Pengecekan tegangan dimulai dari jalur B+ 125v, masi cukup?
lalu berlanjud ke jalur lain.
Begitu sampai dijalur tegangan ke Eprom aku sontak terkejud! lah
dalah jabang bayi ..... harusnyakan cuma 5v? kenapa jadi 9v?
Aku selidiki asal tegangan tsb, ternyata dari TR B734 disitu ada
sepasang dioda yang terhubung ke kaki Basis, dioda tsb dipasang
dibawah PCB, takut dioda tsb tidak sama nilainya sama yang asli maka
aku putuskan menggantinya dgn dioda 5,6v. Crak!! tv langsung nyala
tapi dioda 5,6 tadi terbakar hebat.
Well! intinya adalah bagaimana tegangan 9v ini bisa menjadi 5v.
TR B734 aku ganti dgn D400, loh bukanya beda mas?? protes temenku.
Ah gak papa, kataku tenang. TR D400 tsb cara memasangnya sama hanya
saja kaki basis aku tahan dgn dioda 5,6v. (mengadopsi tegangan 5v
politron) dan ternyata cara tsb suxes mengeluarkan tegangan 5v, tv pun
siap dihidupkan.

satu menit aman ....
dua menit aman .....
menginjak menit kelima tv mati terprotec.

Wuih! apa lagi ni yang gak beres?

Penelusuran kembali mengarah ke bagian tegangan 5v, kali ini yang
mengarah ke IC PROGRAM. saat tv on memang normal tapi saat protec
kosong!
Penelusan fokus ke pin pembangkit tegangan 5v di IC 7805 kaki empat
akhirnya menemukan TR kutu yang sudah pecah dan gak kedeteksi lagi
kodenya. ìseng2 aku ganti tr C1815 biasa eh malah gambarnya buram,
kemungkinan trnya gak cocok dan mengganggu jalur ABL. dengan kondisi
tv tetap menyala kaki kolector TR tsb aku lepas dan gambar langsung
cling! dan ajaibnya tv malah gak protec alias nyala dgn normal.

Penasaran TR tsb aku lepas, dan lagi-lagi protec.

Wes lah pasang lagi aja!

Akhirnya tr tsb aku pasang lagi, hanya kaki Basis dan emitor sementara
colektornya alu biarkan tergantung.

sungguh gak habis pikir tapi setelah dtes 2 jam tv tsb masi menyala
dengan gagahnya!! hahahahaha!!


--
Keep U'r smile!

11 komentar:

  1. kalo kategangan 5 volt yg dari kaki program ke kaki 7805 nya ga ada gimana caranya boss ?mohon slusinya

    BalasHapus
  2. kalo kategangan 5 volt yg dari kaki program ke kaki 7805 nya ga ada gimana caranya boss ?mohon slusinya

    BalasHapus
  3. KALO TV SHARP DENGAN IC TUNGGAL TYPE 134WJN1 ,STR W5453A,STV93028,TT2140.....TV INI PROTEX...KALO DIHIDUPKAN LANGSUNG SOOOSSSSS KELUAR PLYBACK NYA TAPI SKTAR 2-3 DETIK LANGSUNG HILANG,,,ALIAS MATI,,,APANYA YA?

    BalasHapus
  4. Sulit Di Mengerti Penjelasn nya Bos Mumet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kurang jelas....kebanyakan cerita,,,hadeeh

      Hapus
    2. kurang jelas...campur aduk sm cerita

      Hapus
  5. salam kenal mas. maaf datang datang langsung tanya. tv sharp alexander pro gambarnya samar karna layarnya putih bergaris kecil kecil kalau suara tetap bagus, kira2 yg sakit apanya ya? trimakasih

    BalasHapus
  6. susah masuknya apa aku gak bisa yo

    BalasHapus
  7. posisi jamper 137 dengan 138 di mana gan

    BalasHapus

Komentar yg bagus bakalan Gue kasih bonus.... hik!