Selasa, 07 Juli 2015

SHARP STANBY/GAGAL START.

Tip servis sharp wonder dan generasi Croma TDA 9381XXX.Terlalu berani
memang! dimana banyak yg mengeluhkun mesin jenis ini, tapi saya justru
memposting trik sederhana ini.Seperti biasa saya ingatkan bahwa ini
asumsi dan sedikit data yg saya rangkum dari pengalaman saya. Jadi
keakuratanya tidak mutlak.Penyakit yg umum dari Sharp wonder
adalah.standby,dan protek. Ini langkah saya jikamenghadapi kasus.Sharp
standby.Pertama cek output regulator, memastikan semua normal.Lalu cek
vcc 3,3v untuk memori. Cek di pin out 7833, lanjut ke pin IC memori.
Disini ada yg sering luput dari pengamatan, dikarenakan kurang teliti.
Lima kasus, tiga diantaranya sisa tuser lain dengan keluhan protek dan
lampu kedip, Biasanya tuser memfonis memori, tapi apa benar??? Setelah
riset dan ganti memori ternyata kasus tidak terselesaikan. Why??? wait
a minute! i wont to drink some cofee before.Well .... i do the
rest!vcc 3,3v ternyata kurang, hanya terdeteksi 3,2v dan sampai di
kaki ic memori tinggal 3,1v. ternyata inilah masalahnya!coba cut out
7833, dan saya cukup kaget karena dikaki 7833 out terdeteksi 6v,
What's wrong about it? Saya putuskan mengganti 7833, dan ternyata
tegangan normal bisa didapat.Setelah yakin ok, segera sambung kembali
jalur yg di cut, and ...... ... you must believe.it! Tv bisaberoperasi
dengan normal .... I did it! good job litle baster! hahaha ... ! happy
ending!Tobe continue ...

--
Keep U'r smile!

2 komentar:

Komentar yg bagus bakalan Gue kasih bonus.... hik!