Jumat, 27 Januari 2012

PENGALAMAN SERVIS dan skema EW buatan.

... pertarungan yang melelahkan dengan TV FUJITEX.
Kerusakan sederhana, standby. Pertama dibuka oleh temenku, setelah
dikerjain 1 jam tv tsb masi belum bisa on. Tr standby sudah di babat
habis diganti dgn yg baru, tapi tv tsb masik juga bandel!
Setelah temenku menyerah, aku yg tadinya ngerjain TV china rakitan
WCOM, ikut penasaran dan segera TV FUJITEX tsb pindah ke meja kerjaku.
pertama aku cek tegangan B+ 115V aman dan lanjut ke tegangan 24v ke IC
vertikal dan driver horizontal, tegangan ini terhenti oleh TR B722.
Aku coba shotkan kaki Colektor dan Emitor, dan tegangan mulus tanpa
hambatan ke ic maupun driver. ouh! disini juga gak ada masalah.
selanjudnya gagang multitesterku berpindah ke IC7812.
Lhoo kok kosong?? tegangan disini dihalangi oleh TR B722 juga, tanpa
pikir panjang langsung aku shotkan lagi kaki Colector dan Emitornya
dengan begitu tegangan 12v dari IC7812 bisa mengalir dgn lancar.
tapi....
kok belum bisa nyembur juga FBTnya?? padahal semua tegangan sudah
bebas hambatan, harusnya sudah lancar jalannya...?
wadowh! pasti maling tegangan ni.
setelah garuk-garuk kepala sambil ngemut rokok ji sam sue, akhirnya
kembali multitesterku menari.
IC7805 jadi sasaran berikutnya...
lah dalah jabang bayi! kok cuma keluar 3v? yang dua kemana ni??
dengan sedikit tegang satu persatu beban IC tsb aku lepas, dan saat
terahir melepaskan beban dari IC cromanya, tegangan langsung mak
bendunduk jadi 5v! normal sekali!
tanpa pikir panjang langsung aku ganti IC croma dengan penuh percaya
diri, dan saat mencobanya aku gak lupa menghisap rokok dalam-dalam,
CRAK! tv langsung on dan keluar gambar.. selanjudnya aku lepas timah
yg tadi aku pake untuk mengsotkan kaki TR standby., dan TV FUJITEX tsb
kini beroperasi dgn normal.
Bayaran 130ribu... hehehe! puas juga rasanya apalagi harga IC cromanya
cuma 20ribu jadi sisanya bisa masuk kantong.
Alhamdulillah....

--
Keep U'r smile!

4 komentar:

  1. Blog ini cukup bermamfaat bagi orang2 yg gak ngerti nyervice tv kyak saya ini.
    oh ya mas Aldo,aq mau nanya nih..!
    tv aq merk digitec sumo,cuma ada yg error dgn tv ini.kalau dihidupkan gak lama mati sendiri.dan kalau dipukul2 dan dihidupkan lagi baru mau nyala..hingga 2 sampai 3 x begitu terus.
    aq uda coba solder ulang komponennya,sapa tau ada yg retak.tapi masih seperti itu juga.
    Tolong mas Aldo,dibantu,kira2 apanya yg perlu diperbaiki.. makasih atas perhatiannya.

    BalasHapus
  2. mati stanby apa mati total? kalo standby cek condensator (elco)ditegangan 50v, langsung ganti lebih baik. kalo matot coba solder ulang regulator. Menilik dari kesan matinya memang ada solderan retak, tapi terkadang bukan cuma itu bisa saja justru jalurnya yg retak, cek lebih teliti terutama dioda kacangnya kalo ada. Mf baru sempet bls, dan makasi tas prtisipasinya. lebih enak kalo nanyanya di FB insa Allah bisa langsung jawab.

    BalasHapus
  3. Mas Aldo aku juga mau tanya nih.
    Aku punya tv votre gambar bagus banget tapi suara desis fm aja yg keluar. Kenapa ya mas? Sebelumnya salam kenal mas hehehe!

    BalasHapus
  4. Pye kabare mas aldo
    Saya punya garafan tv samsung flat 29 inc
    Exsekusi ganti mesin wcom
    Pd saat dpasang gmbar melengkung bak seperti bantal
    Adjust trimpot pin cushion gk ngepek sama skali
    Kira2 apanya mas...

    BalasHapus

Komentar yg bagus bakalan Gue kasih bonus.... hik!