Jumat, 27 Januari 2012

LG FLATRON

Sempat kikuk juga waktu sedang buka kap TV LG FLATRON ini
sampai-sampai obengku jatoh... eit! bukan obeng yg itu
loh! jangan ngeres dong! inikan bukan cerita panas?
TV ini mati total, tapi saat aku colok kabel listriknya keluar
percikan api pertanda Regulator masi bekerja. segera saja aku colok
solder, lalu colok gagang multitester, terus colok... wadoh kebablasan
nyolok! hehehe!
Oke serius... segera aku cek B+ 115Vnya, anehnya disini kosong sama
sekali, Ternyata TR horizontalnya tewas!
berdasarkan pengalaman aku tidak langsung mengganti komponen tsb,
dengan multitester digital aku cek juga Condensator disekitarnya,
setelah semua oke baru aku berani mengganti TR horizontal.
Dengan harap-harap cemas kembali Cable listrik aku colok, dan...
krak!! langsung aku cabut lagi.
Wow!! ternyata FBTnya juga tewas. segera aku meluncur ke Jalan Biak
(sorum LG di jakpus) harga FBTnya lumayan mahal 120rb, oke dah masi
masuk!
Dengan percaya diri FBT segera aku pasang, dan mak Cling!! langsung
keluar gambar.
Alhamdulillah.... memang butuh sedikit biaya lebih, tapi dikerjainya
gak terlalu makan pikiran. Bayaran ui!

--
Keep U'r smile!

13 komentar:

  1. mz aldooooooo.... bagi donk wat beli pulsa... pulsa q abis neehhh.... kalo gak q bilangin mami neh... mamiiiiiiiii... mz aldo pelit nehh...

    BalasHapus
  2. finaaaa! awas ea bilang-bilang mami. Oke deh tapi cuciin baju aku dulu ea!

    BalasHapus
  3. Bung ALDO, LG Flatron model apa nih? RD-21FB2OR bkn? Sy pnyk yg tipe itu matot jg dan bunyi jangkrik klo di ON.TR Horizontal nya yg mana ya?FBT=FlyBack yak?Mohon infonya please...Tengkyu

    BalasHapus
  4. FBT (plebak), TR HORIZONTAL yang letaknya dekat FBT dan biasanya dpasang pendingin. Lihat jalur FBT dari bawah, kaki Colektor TR horizontal selalu terhubung ke kaki FBT.

    BalasHapus
  5. Trims... Agan Aldo! TR HOR ane STR F6654 LG FLATRON MODEL RD-21FB2OR. Bunyi Nyit-Nyit gitu & mati total... Apa FBT nya jebol ya? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  6. STR F6654 itu IC REGULATOR.
    TR HORIZONTAL masih didekat Flyback tapi yang kakinya tiga. Coba ganti dulu. Sementara STRf6654 Jangan sampai dikutak-katik. Nanti kalau dganti TR HORIZONTAL tetep bunyi begitu berarti Flybacknya kena.

    BalasHapus
  7. Dah diganti TR HOR nya (D2627) bunyi nyit2nya rada lambat ,gak secepat sebelum diganti TR HORnya & tetap matot.Apakah sdh bs kita pastikan FBTnya yg rusak?Mengingat FBT mahal harganya, ane mo yakin ajah.Apa ada yg mesti dicek lagi sebelum beli FBTnya?Ane dah cek komponen sekitar FBT Resistor,Capacitor,Dioda kyknya sih ok2 ajah.Apa STR F6654nya yg rusak? Ada cara ampuh & mudah tes FBT ga ya?Mohon pencerahannya & terima kasih atas bantuan agan selama ini..

    BalasHapus
  8. lepas kaki FBT yang terhubung ke tegangan B+115v. Lalu coba nyalakan tv, apakah masi tetep ada bunyiyg aneh? Kalo masi bunyi berarti ada komponen lain yg rusak, tapi kalo bunyinya hilang, berarti FBT jebol.
    Saran saya selain ganti FBT, dan TR HORIZONTAL, ganti juga CONDENSATOR yg terhubung ke kaki COLEKTOR TR HORIZONTAL.

    BalasHapus
  9. Mas Aldo..numpang tanya nich..utk kode FBT TV LG FLATRON Model MC 994A.kodenya brp abis di FBT angus..ngus..tulisannya hilang..Trimaksih Pak BOS ALDO yachh...

    BalasHapus
  10. Wadoh! Mf karena saya gak hafal, pergi ke dieler ja catat model, insya Allah dkasi.

    BalasHapus
  11. mohon maaf tanya, tv lg bunyi cit cit cit dan gambar kosong (tidak ada) saya ganti D2627 sebentar hangus. kira2 apa yang perlu saya cek ? ada kotak hitam kaki 3 (maaf baru tahu) bodi plastik kelihatannya pecah. ada tulisan 1,4MQ jika tidak salah (maklum ke warnet tidak saya bawa komponennya)
    mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kotak hitam itu PTC. Periksa C dan FBT, maksudnya C bagian horizontal

      Hapus
  12. Gan mAu tAnya nih tv lg 21FC1AG hanya stanby aja di remot maupun di tekan tombol chanelnya cuma kedip2 led nya sj mohon bantuannya

    BalasHapus

Komentar yg bagus bakalan Gue kasih bonus.... hik!