Minggu, 05 Juli 2015

TRIK SERVIS SHARP

, Sharp generasi croma smd standby dan protek.Sharp jenis ini lampu
indikator merah redup saat standby dan merah terang saat start.Pertama
jika lampu cuma redup meski power sudah di on, ada dua kemungkinan,
vcc 3,3/5v ke kemori dan croma tidak sampai atau salah satu IC mati.
untuk mesin yg kita bahas kerusakan seperti ini jarang terjadi, yg
umum lampu redup terus terang dan redup lagi (gagal start).Ini yg akan
kita bahas.Trik kilat! lakukan pengecekan tegangan hanya saat lampu
indikator menyala terang, jika sudahredup matikan tv hingga lampu
indikator padamlalu nyalakan lagi dam tunggu sampai lampu terang baru
cek tegangan lagi.Yg perlu dicek 5v vcc croma dan tuner, vcc 8v croma,
b , tegangan trafo driver, dan tegangan basis TR driver. jangan lupa
cut dulu B .Seperti biasa jika ada salah satu tegangan macet, cari
penyebapnya!vcc 5v untuk croma dan tuner macet misalnya! cut dari
suplynya, jika memakai ic 05 cut kaki outputnya, jika disitu ada 5v,
sambung lagi.dan cut kaki tuner, jika 5v keluar, berarti tuner rusak.
Dan jika belum keluar, pasang lagi . Dan lalu cut jalur ke kromanya.
kalo keluar.5v brarti croma shot/rusak. Lakukan proses yg sama padavcc
yg telah disebutkan diatas! pokoknya setiap ada yg macet temukan
penyebapnya.Dilanjut ke tegangan trafo driver, jika normal, lanjut
ketegangan basis tr driver, Disini arusnya kecil, jadi gunakan skala
2,2 v dc. jika saat lamputerang jarum bergerak sedikit keatas, maka
itu normal. Dan jika tidak bergerak sama sekali ikuti jalur bases tsb
hingga ke pin IC Croma, cut dibagian yg paling dekat dgn croma. jika
disitu juga.tidak ada tegangan sedikitpun berartinic croma rusak.Dan
jika semua normal, dan telah memastikan trafo driver bagus, lanjut
tahap berikutnya!sambungkan kembali B dan lakukan Cek di B , 180v, vcc
vertikal, heater, Abl daj Afc. ingat! pengecekan hanya dilakukan saat
posisi lampu indikator terang.jika B drop, cek jalur horizontal dan
180v pastikan tidak ada yg shot, jika pasti tidak ada ygshot berarti
fbt mati. jika B normal biasanya tv bisa start meski sepersekian
detik, telusuri jalurvcc vertikal! jika aman ganti IC vertikal, jika
setelah dganti masih bandel! ganti tuner. dengan itu biasanya kasus
selesai.pertanyaanya mungkin, kenapa.vertikaldan tuner saya bilang
langsung ganti? jawabanya karena tv sharp jenis ini vertikal rusak
protek dan tanpa vertikal juga protek. Demikian juga dengan tuner!
tuner rusak bisa protek dan tidak dipasang tuner juga protek. makanya
saya bilanglangsung ganti.Aneh! kenapa saya.sama.sekali.tidak
menyinggung pin protek? jawabanya karena saya tidak tahu letak pin
protec tsb, dan saya juga punya asumsi bahwa melumpuhkan sistim protek
justru akan memperparah kondisi mesin. Dan tidak bijak jika mengatasi
mesin protek dengan menghilangkan sistim tsb. Protekada untuk
perlindungan, melepasnya akan membahayakan Croma.sekian dulu!ini hanya
pengalaman pribadi dan asumsi pribadi. yg sependapat silahkan, yg
tidak saya harap tidak mencela karena ini yg biasa saya pake saat
mangerjakan tv.sharp CRT. Dan saya.bln pernah gagal menangani mesin yg
saya bahas ini, kegagalan ada! tapi atas permintaan user yg keberatan
jika harus membayar ongkos perbaikan diatas 300k untuk kerusakan IC
croma. Saya merasa tidak gagal karena saya menemukan biang keladinya,
User seperti itu yg membuat saya gagal.

--
Keep U'r smile!

16 komentar:

  1. Thank you...tinggal nunggu pasien sharp...

    BalasHapus
  2. sangat membantu, hampir mnyerah cari2 pnyebab protek, rupanya tr vertikalnya yg bru harus dipasang dulu. trimakasih pak

    BalasHapus
  3. Pengalaman anda sangat bermanfaat.
    Terimakasih ilmunya.

    BalasHapus
  4. makasih gan atas masukanya... setelah obrak abrik pin protec 180v,vertical dan lain lain...ternyata sharp slim protec akibat tuner tersambar petir... milik pribadi beli bekas...melewati 3 jasa servis,nyerah... blog aldo trimakasih...

    BalasHapus
  5. Saya itu awam,dngn system servis tv.saya ada tv sharp slim,lampu indikator power nyala,kl br prtm di on,redup,terang trs redup lg.apa kira" gejalanya bos

    BalasHapus
  6. Masukannya mantap boss saya setuju masalah menghilangkan pin protek sangat berbahaya krna itu adalah pengaman jika dihilangkan tv ngakbakal awet. Lebih baik lewat jalur aman sip....

    BalasHapus
  7. Meski dah lama postingan ini,,,, OKEY mksh 🙏 ilmuny sngt mmbantu sekali

    BalasHapus
  8. Bagus gan pengalamnya dan saya mau tanya kalau tv sharp alexander slim di hidupkan lamu indikator kedip2 trs star bbrp saat nampak di layar ada garis horisontal di tengah2 bbrp detik lalu padam dan indikator berkadip kedip lg itu kl trus berulang ulang kira2 apa penyebabnya terima kasih

    BalasHapus
  9. Mantab iki,, matur nuwun ilmunya, kebetulan aku mumet dg sharp slim iki,awal mati total ganti str elco ,vertikal dkk blm manjur,, mudah 2an mak pyarrrrr

    BalasHapus
  10. mantap.Penjelasannya langsung ke titik masalah.tidak berbelit belit kayak lain.lanjutkan karyanya mas bro.

    BalasHapus

Komentar yg bagus bakalan Gue kasih bonus.... hik!