Kamis, 01 Maret 2012

WARNING (kasus TV rusak )

Pernah suatu ketika servis TV rakitan WCOM, dengan kerusakan TR
horizontal sebentar-sebentar jebol.
Kecurigaan pertama tertuju pada C912 1600V yang terhubung ke kaki
colektor, setelah diperiksa ternyata masi bagus baik bentuk atou
kapasitasnya masi layak pake, selanjudnya beralih ke sepasang Dioda RU
yang sejajar dengan C tsb. Lagi-lagi setelah dites masi sangat normal,
tidak shot sedikitpun.
Dengan masi terus menebak-nebak, tv tsb aku nyalakan sambil tidak lupa
memasang kabel antena. Wadoh! ternyata gambarnya melengkung seperti
pinggang gitar, dan trimpot pengaturan EW tidak berfungsi sama sekali.
Biasanya kerusakan seperti itu diakibatkan oleh TR D2012 yang sudah
soak, tapi setelah diperiksa ternyata juga masi seger.
Yah sudah! peralatan memang bisa membantu, tapi jangan lupa bahwa
komponenpun bisa sangat membingungkan.
Saatnya menguji feeling! pikirku.
pertama-tama C 912 1600V langsung aku ganti, tidak ada respon. TR
D2012 langsung aku ganti, sama saja tidak ada respon. Sepasang Dioda
RU giliran aku babat, dan ....
terrr eeng! gambar langsung lurus dan trimpot EW juga langsung bisa diatur.
Aku gak habis pikir kenapa dioda yang dites normal-normal saja bisa
bermasalah seperti itu? tapi kenyataan menyimpulkan bahwa memang benar
dioda yang sepertinya sehat itu ternyata sekarat.
Dengan adanya kasus tsb, aku menjadi lebih berhati-hati dan tidak
melulu mengandalkan alat. Karena sebenarnya alat yg paling utama dan
pasti berhasil adalah pengalaman.
Oke sob! mudah-mudahan ada manfaatnya , amien!

--
Keep U'r smile!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yg bagus bakalan Gue kasih bonus.... hik!